11 Desember 2008

Profil Kabupaten Sukamara


Kabupaten Sukamara adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sukamara. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.827 km² dan memiliki jumlah penduduk pada tahun 2006 sebanyak 36.180 jiwa . Pada awal pendiriannya Kabupaten ini terdiri dari 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Sukamara, Kecamatan Balai Riam dan Kecamatan Kuala Jelai.

Sebelum terjadinya pemekaran, Kabupaten Sukamara merupakan bagian dari Kabupaten Kotawaringin Barat, kemudian pada tanggal 10 April 2003 dikeluarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2003 tentang Pengukuhan/Pemekaran 8 Kabupaten, maka Kabupaten Kotawaringin Barat dimekarkan dan ditambah dengan Lamandau dan Sukamara.

Komoditi pertanian unggulan daerah ini adalah padi, palawija dan hortikultura. Sementara untuk usaha perkebunan, kelapa sawit dan karet. Potensi perkebunan daerah ini masih cukup besar dan terbuka untuk investor. Di samping itu potensi usaha perikanan budidaya masih tersedia 19 ribu ha, tambak udang bandeng 13 ribu ha (yang telah digarap baru 913 ha). Sedangkan hasil pertambangan terutama adalah batu kecubung, pasir kuarsa yang berkadar 98% sebagai bahan baku industri gelas dan kaca yang terdapat di Kecamatan Jelai dengan total cadangan yang diperkirakan mencapai 1.191.840.000 m³

Kabupaten Sukamara merupakan sebuah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang berada di Propinsi Kalimantan Tengah. Secara geografis Kabupaten Sukamara terletak pada 20 19' sampai dengan 30 07' Lintang Selatan dan 1100 25' sampai dengan 1110 9' 25" Bujur Timur.

Berdasarkan Perda No.2/2006, Kabupaten Sukamara terdiri dari lima buah kecamatan yaitu Kecamatan Jelai, Kecamatan Pantai Lunci, Kecamatan Sukamara, Kecamatan Balai Riam dan Kecamatan Permata Kecubung.Total luas wilayah Kabupaten Sukamara adalah 3.827 kilometer persegi dengan jumlah penduduk pada tahun 2006 sebanyak 36.180 jiwa. Batas wilayah Kabupaten Sukamara adalah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Lamandau dan Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kotawaringin Lama kdan Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Barat

Ketinggian dari permukaan air laut pada wilayah Kabupaten Sukamara berkisar antara 0 sampai dengan 100 meter yang menunjukkan bahwa Kabupaten Sukamara merupakan daerah pada kawasan rendah. Hal ini dikarenakan wilayah Kabupaten Sukamara sebagian berada di sekitar laut dan sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar